Bagaimana Memilih Laptop yang Bagus Dibawah 5 juta

Bagaimana Memilih Laptop yang Bagus Dibawah 5 juta

Bagaimana memilih laptop yang bagus di bawah 5 juta

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Diantaranya adalah prosesor, RAM, ukuran layar, ruang penyimpanan, dan baterai.

Ukuran layar

Laptop untuk di bawah lima juta rupiah biasanya memiliki ukuran layar 11-15 inci. Namun, jika Anda adalah seseorang yang memiliki segudang aktivitas di luar rumah, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, bagi Anda yang hanya bekerja di dalam ruangan, pilih laptop yang sesuai dengan area meja Anda.

Misalnya, laptop 11 inci memiliki ukuran kecil dan hanya berbobot sekitar 1 kg. Laptop 11 inci ini mudah dibawa sehingga dapat digunakan sebagai notebook mobile. Di sisi lain, resolusinya lebih rendah sehingga sulit untuk menampilkan gambar berkualitas tinggi. Plus, dengan area kerja yang sempit, laptop akan membuat efisiensi kerja menjadi lebih sulit.

Sebaliknya, produk dengan layar 15 inci memiliki area kerja yang lebih luas dengan kualitas resolusi tinggi yaitu Full HD. Akan sangat memuaskan jika Anda dapat melihat gambar dengan jelas dan melakukan aktivitas seperti menggunakan komputer pribadi (PC). Namun, bobot yang mencapai 2-3 kilogram membuat laptop sulit dibawa kemana-mana. Karena ukuran layar merupakan faktor penting dalam menentukan ukuran laptop, pilih produk berdasarkan kebutuhan Anda.

Fitur dan kapasitas penyimpanan

Sebelum memutuskan untuk memilih laptop dengan jenis tambahan kapasitas penyimpanan, hal yang harus diperhatikan adalah jumlah ruang penyimpanan internal. Ada tiga jenis penyimpanan yang tersedia di laptop, yaitu eMMC, SSD, dan HDD. Masing-masing memiliki jumlah kapasitas dan karakteristik yang berbeda. Temukan jenis fitur penyimpanan yang cocok untuk Anda.

eMMC adalah jenis penyimpanan berkecepatan tinggi, tetapi hanya memiliki kapasitas 32 GB yang tentu saja mencakup kapasitas penyimpanan kecil. Karena kapasitasnya yang kecil, Anda harus lebih berhati-hati saat mengelola penyimpanan file. Jika tidak, kapasitas penyimpanan akan digunakan untuk pembaruan Windows sehingga Anda tidak memiliki ruang untuk menyimpan file Anda. Untuk penyimpanan berkecepatan tinggi, ada dua opsi, eMMC dengan kapasitas 32 GB dan SSD dengan kapasitas 128 GB. Jika Anda ingin memilih harga yang lebih murah, pilih eMMC. Namun, kami sarankan bagi Anda yang tidak menyimpan file di laptop untuk menyimpan file di penyimpanan eksternal atau cloud.

Sedangkan SSD adalah jenis penyimpanan flash yang memiliki kemampuan transfer data tercepat di antara ketiga jenis penyimpanan. Keuntungan SSD adalah tidak menyebabkan kebisingan seperti HDD. SSD ini memiliki memori hingga 128 GB sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan musik, foto, dan film.

HDD (Hard Disk) adalah memori yang memiliki kapasitas penyimpanan terbesar di antara ketiganya. Kerugian dari HDD terletak pada proses pemindahan data yang lebih lambat dari kecepatan rata-rata SSD dan eMMC. Ini karena HDD mengandalkan gaya magnet dalam penyimpanannya. Ada laptop untuk di bawah lima juta yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 500 GB. Penyimpanan dengan HDD sangat disarankan bagi Anda yang memiliki banyak file dengan kapasitas sangat besar.

Kapasitas RAM

Random Access Memory (RAM) adalah perangkat keras yang digunakan sebagai penyimpanan sementara (memori) oleh CPU. Kapasitas RAM memengaruhi kecepatan proses data yang sedang dijalankan. Sebagian besar laptop di bawah lima juta memiliki 4 GB atau 2 GB RAM. Kapasitas RAM 4 GB cocok untuk browsing, menjalankan perangkat lunak Office, dan mengatur video dan musik. Namun, tidak disarankan untuk bermain game atau mengedit video dan musik.

Anda dapat menemukan kapasitas RAM 2 GB pada laptop dengan harga lebih murah. Laptop dengan kapasitas RAM yang lebih rendah tidak selalu memiliki kinerja yang buruk. Dengan model CPU yang sesuai dengan spesifikasi RAM 2GB dan penyimpanan menggunakan SSD atau eMMC, pemrosesan data menjadi ringan meskipun kapasitas RAM hanya 2GB. Untuk penggunaan ringan seperti browsing dan pekerjaan pribadi lainnya, tentu kapasitasnya lebih dari cukup. Jika Anda mencari laptop dengan harga lebih murah, Anda bisa mempertimbangkan laptop dengan kapasitas RAM 2 GB.

Pilih baterai yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jika Anda sering menggunakan laptop saat bepergian, Anda harus lebih memperhatikan kapasitas baterai laptop yang akan Anda beli. Cara memilih laptop yang bagus pasti dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan 5 jam hingga 10 jam tanpa diisi ulang. Selama baterai yang digunakan cocok dengan laptop dan digunakan dengan tepat, laptop dapat bertahan sekitar 5 jam. Pilih baterai yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Model Keyboard

Untuk kenyamanan mengetik menggunakan keyboard, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti keypitch, keystroke, dan keberadaan keypad numerik.

Terminal Koneksi

Dua terminal koneksi USB dan HDMI adalah standar untuk laptop di bawah lima juta. Slot VGA, port LAN, dan kartu SD mungkin sudah terpasang di laptop karena pada dasarnya terminal terhubung ke peralatan periferal. Periksa terminal koneksi sebelum mempertimbangkan jenis peralatan yang ingin Anda sambungkan.

Ada kemungkinan besar bahwa Anda akan menggunakan banyak terminal USB untuk menghubungkan perangkat, seperti flash disk, ponsel cerdas, atau yang lainnya. Ada baiknya jika ada dua atau lebih terminal USB di laptop untuk memudahkan Anda. Terminal HDMI dan VGA juga merupakan terminal penting jika Anda ingin menghubungkan laptop Anda ke monitor atau proyektor. Jika Anda ingin menambahkan penyimpanan pada kartu SD, periksa juga ketersediaan slot kartu SD.

Ketersediaan Microsoft Office

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dll., Akan lebih mudah jika Anda membeli laptop yang telah menginstal aplikasi di dalamnya. Namun, harganya tentu lebih mahal. Jika Anda lebih peduli dengan harga murah, Anda harus memanfaatkan perangkat lunak gratis yang disediakan oleh pengembang lain. Di Indonesia sendiri untuk laptop bernilai di bawah lima juta, jarang ada laptop dengan Microsoft Office di dalamnya. Ketersediaan Microsoft Office tergantung pada masing-masing penjual bukan dari pabrikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress by italian-fine-artpoker99spbo liveskorpokergalaksipoker99